Corporate Risk Management

Lingkungan bisnis saat ini menghadapi berbagai faktor risiko bisnis yang jauh berbeda dengan satu dekade yang lalu. Faktor‐faktor risiko bisnis tersebut antara lain adalah: risiko stratejik, risiko operasional, risiko reputasi dan produk perusahaan, risiko legal‐kontraktual, risiko sosial‐politik, serta risiko finansial.

“Traditionally, corporations viewed risks as hazards to be avoided. Nowadays, many have realized that risk creates opportunity that leads to shareholder value creation. Therefore, the challenge facing corporate executives is how best to manage corporate risks in order to build shareholder value.”

Perusahaan yang gagal di dalam mengelola risiko‐risiko bisnisnya akan terancam punah. Beberapa contoh kegagalan manajemen risiko dari mancanegara yang dapat disebutkan adalah kasus‐kasus yang terjadi pada Barings Bank, Long‐Term Capital Management Hedge Fund, Cendant Corporation, Bausch & Lomb, Enron, dan Arthur Anderson. Semua kasus berakhir dengan pembubaran atau likuidasi dari perusahaan‐perusahan yang bersangkutan.

Untuk kasus Indonesia sendiri, kegagalan banyak perusahaan di dalam mengelola risiko valuta asing pada saat krisis moneter telah mengakibatkan banyaknya perusahaan yang terpaksa harus menjalani proses penyehatan, berganti pemilik, atau bahkan dipailitkan.

Tujuan utama pelatihan Corporate Risk Management ini adalah memberikan perspektif tentang pentingnya manajemen risiko korporat di dalam dunia bisnis yang semakin kompleks, dinamis dan kompetitif. Di samping itu, tuntutan akan tata‐kelola perusahaan (corporate governance) yang baik telah mendorong manajemen perusahaan untuk selalu memperhitungkan konsekuensi atau risiko dari keputusan‐keputuan manajerial yang diambil.

Pelatihan dua‐hari ini akan disajikan dengan metode classical lecture dan group case discussion. Diharapkan bahwa para peserta akan mendapatkan pemahaman tentang pentingnya manajemen risiko korporat, serta bagaimana mengidentifikasi, mengukur, dan melakukan mitigasi terhadap risiko‐risiko tersebut sehubungan dengan upaya meningkatkan nilai pemegang saham.

Manfaat

  • Memahami manfaat manajemen risiko korporat di dalam meningkatkan nilai pemegang saham.
  • Memahami hubungan antara risiko dan strategi bisnis perusahaan.
  • Mengetahui berbagai jenis risiko bisnis yang dihadapi oleh perusahaan.
  • Mengetahui cara mengidentifikasi dan mengukur risiko
  • Risiko bisnis yang dihadapi oleh perusahaan.
  • Mengetahui secara garis besar bagaimana melakukan mitigasi risiko.

Metode Pelatihan

  • Pelatihan selalu berlangsung dalam suasana partisipatif.
  • Agar pelatihan ini bermanfaat bagi peserta dan perusahaan, Instruktur memerlukan informasi aktual tentang perusahaan yang hanya akan digunakan sebagai materi pembahasan dalam diskusi kelas dan diskusi kelompok.
  • Bila kerahasiaan sebagian data keuangan menjadi satu hal yang mutlak bagi perusahaan, angka-angka tertentu akan dimodifikasi, sejauh masih proporsional dengan data aktual.

Sasaran
Para CEO, CFO, CRO, direksi, dan manajer yang terlibat di dalam proses pembuatan keputusan‐keputusan manajerial ‐ baik keputusan strategis, taktis, mau pun operasional

Facilitator

Ir. Bambang Purwoko Kusumo Bintoro, MBA

Alumni ITB ini meraih gelar MBA dari University of Southern California, Los Angeles, USA, 1987, sempat mengajar di beberapa lembaga seperti; ITB, LPPM, IMMI, pernah menjadi konsultan di beberapa perusahaan; PT Mitra Mandiri Informatika, PT Erbindo Jayatama dan PT WIjaya Karya, Saat ini sebagai Direktur PT Talisha Graha Nusantara dan juga, Conducting management training program to utilize his spare time on Strategic Management, Financial Management (FINON) and Project Management and SupplyChain Management for Pertamina’s Compulsory Management Training Program and other in-house and public trainings as well.

Drs. Jack Alenzo MM. MH,

Managing Director Human Capital International, adalah senior konsultan dan fasilitataor di beberapa lembaga konsultansi pengembangan organisasi dan manajemen SDM, Sebelumnya adalah praktisi senior HR di beberapa perusahaan multinasional seperti FMC, DuPont, Samsung dan Alstom, AEG (Mercedez Benz Industri). Saat ini banyak memberikan konsultasi dan fasilitasi pengembangan organisasi, budaya kerja dan peningkatan tata kelola sistim manajemen sumber daya manusia di berbagai perusahaan-perusahaan. Saat ini juga menjadi konsultan implementasi GCG di beberapa perusahaan yang terkemuka

 

Layanan untuk Program ini :

miniclass inhouse_training

835 Total Dilihat 1 Peminat Hari Ini
FacebookTwitterGoogle+Bagikan Ke Teman Anda